Photonosh Blog --> Saya akan mencoba berbagi informasi apa saja tentang fly fishing. Apa yang pernah saya baca, apa yang pernah saya dengar dan apa yang sudah saya praktekkan,. Belum lama mengenal teknik memancing ini, tapi mempelajarinya sangat ternikmati bagi saya. Begitu banyak referensi mengenai fly fishing, namun hampir semuanya berbahasa asing. Semoga apa yang saya tulis disini dapat bermanfaat.. Salam lestari..

Cara Melempar Umpan Fly Fishing (Fly Casting)

Posted by Andy Nosh On 22:48 2 comments

Fly casting is one of the most exciting and challenging aspects of fly fishing.
Better Flycasting not only dramatically improves your success on the water; it unifies the art and science of fly fishing.
Sebelumnya, coba luangkan waktu menikmati videonya,. ini bisa menjelaskan apa yang dimaksud quote diatas. Indah sekali bukan,.?! melihatnya saja kita bisa menikmati,. apalagi kalo kita juga bisa melakukannya & disambar ikan,. striiiikee..!! ahhh luar biasa rasanya.. Baiklah kita mulai,. Karena saya baru belajar, jadi yang saya uraikan juga yang dasar-dasar saja,. hwehehe..  

CARA MEMEGANG GRIP Casting yang baik diawali dengan cara memegang grip yang pas. Yang pas adalah yang sesuai selera. Yang penting adalah tetap relaks dan jaga senyaman mungkin saat mengayun joran. Salah satu cara yang dianjurkan adalah dengan meletakkan jempol diatas grip dan berseberangan dengan jari telunjuk seperti pada gambar.
Cara memegang fly rod

Saat mengayunkan joran ke depan dan ke belakang, jangan melulu menekan grip. Ini akan membuat tangan cepat letih. Rubah-rubahlah tekanan telapak tangan saat memegang grip. Tekanan terbesar diberikan disaat menyentak joran, seperti gerakan meremas grip. Baik untuk mengayun ke depan ataupun ke belakang.  

POSISI PERGELANGAN TANGAN
Pergelangan tangan diusahakan tetap kokoh saat melakukan casting, pergelangan yang kokoh akan mentransfer energi dari tubuh ke joran dengan lebih efisien. Posisi pergelangan tangan yang disarankan saat mengayun joran ke belakang (back cast).
Posisi pergelagan tangan seperti ini akan menghasilkan bentukan arah fly line seperti pada gambar dibawah ini. Fly line yang berbentuk huruf "U" tidur seperti pada gambar disebut loop. Saya belum menemukan padanan kata yang dalam bahasa Indonesia untuk kata loop.
Posisi pergelangan tangan yang tidak disarankan saat mengayun joran ke belakang (back cast).
Posisi pergelangan tangan seperti ini kan membuat loop (huruf U) yang terlalu lebar. Bentuk loop semacam ini akan membuang banyak energi sehingga larinya fly line tidak optimal.
POSISI FLY LINE Saat akan memulai mengayunkan joran, posisi benang perlu diperhatikan. Benang sebaiknya lurus, saat benang lurus dan kita memulai menganyunkan joran ke belakang sesaat itu juga joran akan menyimpan energi. Sesaat setelah joran diayun segera joran akan melengkung karena beban benang fly. (loading).
Posisi yang benar saat akan memulai cast.
Posisi yang tidak benar saat akan memulai cast. Energi akan terbuang percuma.
Bentukan loop yang ideal seperti terlihat pada gambar di bawah ini. Seorang yang mahir dalam fly casting mampu membuat loop yang sangat sempit dan mendekati garis horizontal.
 
 

 Bentukan loop  yang tidak ideal, loop terlalu lebar sehigga benang sulit untuk terlempar jauh.
 

Cara mengayunkan joran yang tidak lurus akan menyebabkan tailing loop, yaitu benang fly menjadi terbelit saat dilempar.



Latihan,. melempar benang fly dengan baik mustahil dapat dilakukan tanpa serangkaian latihan. Banyak sekali video tutorial fly casting yang bisa anda lihat di youtube, namun jika anda ingin mengetahui secara lengkap dan lebih lanjut tentang fly casting anda bisa dapatkan DVD tutorialnya di halaman Video Fly Fishing.



Sumber bacaan;
www.christopherrownes.com

2 comments :

mantapp.. tak ikut2an buat blog ah, meski hanya kopas, xixixix
http://fliestying.blogspot.com/

Post a Comment