Photonosh Blog --> Saya akan mencoba berbagi informasi apa saja tentang fly fishing. Apa yang pernah saya baca, apa yang pernah saya dengar dan apa yang sudah saya praktekkan,. Belum lama mengenal teknik memancing ini, tapi mempelajarinya sangat ternikmati bagi saya. Begitu banyak referensi mengenai fly fishing, namun hampir semuanya berbahasa asing. Semoga apa yang saya tulis disini dapat bermanfaat.. Salam lestari..

Fly Line (senar/benang dalam fly fishing). Bag. I

Posted by Andy Nosh On 08:42 6 comments

Fly line adalah benang (senar pancing) utama yang digunakan dalam memancing teknik fly fishing. Dalam fly fishing rangkaian benang biasanya terdiri dari 4 jenis benang. Dimulai dari paling pangkal konfigurasi benang adalah sebagai berikut; Backing line (bagian benang yg terikat dengan reel), Fly line (benang utama), Leader & tippet (bagian senar yang dikaitkan dengan umpan).

Fly line mempunyai ukuran yang disebut weight, biasa ditulis dengan notasi “wt”. Ukuran wt fly line ini harus disesuaikan dengan ukuran wt joran fly (fly rod). Cara paling sederhana adalah dengan menyamakan ukuran wt fly line dengan wt fly rod. Sebagai contoh; fly rod dengan ukuran 4wt menggunakan fly line ukuran 4wt.

Seiring berkembangnya kemampuan casting, anda mungkin perlu mencoba untuk menggunakan ukuran fly line yang lebih besar atau lebih kecil dari ukuran fly rod anda. Sebagai contoh: fly rod ukuran 4wt menggunakan fly line ukuran 5wt (disebut uplining) atau fly rod ukuran 4wt menggunakan fly line ukuran 3wt (disebut downlining). Nanti anda akan merasakan mana yang lebih pas dengan gaya casting anda.

Selain ukuran wt, fly line juga mempunyai jenis yang berbeda-beda seperti WF (weight forward), DT (double tapper). Ada juga dibedakan dalam jenis floating (mengapung), sinking (tenggelam), sinking tip (tenggelam pada bagian ujungnya saja). Penulis sendiri biasa menggunakan fly line dengan notasi WF 4 F. Yang artinya weight forward tapper, ukuran weight-nya 4wt & mengapung.


Bersambung di Fly Line (senar/benang dalam fly fishing). Bag. II

6 comments :

Saya biasa titip tmn beli di ebay gan,. atau kadang ada di beberapa forum mancing,.
Kontak sy di fb aja gan,. nanti sy bantu cari..

Bro, size reel untuk fly fishing kan beragam, adakah setingan khususnya, contoh size 4,25 in diameter x 3/4 In width, cocoknya untuk line wight berapa, trims.

Bro Jak,.
Tiap merk mempunyai diameter reel yang berbeda2,.
Bahkan satu merk saja ada yg berbeda2 diamternya..

Pada dasarnya yg penting adalah backing line & fly line masuk dalam reel.. saya sering menggunakan fly reel 4 wt isi line 5 wt.. atau pun sebaliknya,.

jenis fly line itu namannya apa gan?makasih

Agus Pramono.

Maaf mas saya belum bisa menangkap maksud pertanyaan nya,.
Jenis fly line bisa dibedakan berdasar bentuk taper nya (WF, DT), juga dibedakan aoakah dia mengapung atau tenggelam. (Sinking, Floating, dll)

Post a Comment