Photonosh Blog --> Saya akan mencoba berbagi informasi apa saja tentang fly fishing. Apa yang pernah saya baca, apa yang pernah saya dengar dan apa yang sudah saya praktekkan,. Belum lama mengenal teknik memancing ini, tapi mempelajarinya sangat ternikmati bagi saya. Begitu banyak referensi mengenai fly fishing, namun hampir semuanya berbahasa asing. Semoga apa yang saya tulis disini dapat bermanfaat.. Salam lestari..

Panduan Teknik Mancing Tenkara @photonosh

Posted by AWS PhotonosH On 06:30 No comments

Apa itu teknik mancing tenkara? 

Adalah teknik mancing fly tradisional dari Jepang tapi tidak menggunakan fly reel. Cukup dengan joran, tenkara line dan flies

Bisa dibilang, tenkara adalah versi sederhana dari teknik mancing fly fishing.

Teknik ini efektif untuk memancing di sungai aliran pegunungan. 


Joran

Joran tenkara sangat mirip dengan tegek. Yang membedakan dari tegek pada umumnya adalah action joran dan bagian handle-nya yang sangat khas. Action joran tenkara didesain untuk melempar line seperti fly rod, tidak seperti tegek. 

Joran tenkara koleksi PhotonosH bikeFishing

Line 

Ada dua tipe tenkara line, yaitu;

1. Tapered line 

    Senar dari pangkal ke ujung semakin mengecil. Untuk mendappatkan line yang semakin mengecil bisa didapatkan dengan furled line ataupun tapered dari pabrikan.

2. Level line

    Senar dari pangkal ke ujung diameterny sama.

Total panjang tenkara line bisa bervariasi tergantung target dan spot, namun simplenya adalah satu setengah kali (1.5x) panjang joran. Misalkan panjang joran anda 3 m maka bisa menggunakan 3 m tenkara line + 1.5 m leader, sehingga total panjang line adalah 4.5 m.

Tappered tenkara line tipe furled line.

Flies (umpan)

Pada dasarnya umpan tenkara adalah wet flies, khususnya patern "kebari". Sangat mirip dengan flies patern spider tetapi hackle dipasang terbalik (revrese hackle). Atau juga dry fly, sangat jarang ditemui pemancing Jepang menggunakan flies jenis nymph, terutama dgn bead head. Tapi penyesuian dengan spot juga perlu diperlukan, jadi ya gak ada salah jika tenkara pakai nymph, popper atau bahkan spoon. Namun perlu sejarahnya dan khitah-nya tidak begitu. 

Kebari flies

Rangkaian

Rangkaian mirip dengan fly fishing namun tanpa reel.

** Tenkara line -> leader -tippet -> flies **



Untuk informasi dan pembelian produk tenkara terlengkap ada di @photonosh:
IG: photonosh
FB: photonosh
Shopee: photonosh


Sumber bacaan dan gambar:
https://www.tenkara-fisher.com/
https://www.discovertenkara.com/





0 comments :

Post a Comment