Photonosh Blog --> Saya akan mencoba berbagi informasi apa saja tentang fly fishing. Apa yang pernah saya baca, apa yang pernah saya dengar dan apa yang sudah saya praktekkan,. Belum lama mengenal teknik memancing ini, tapi mempelajarinya sangat ternikmati bagi saya. Begitu banyak referensi mengenai fly fishing, namun hampir semuanya berbahasa asing. Semoga apa yang saya tulis disini dapat bermanfaat.. Salam lestari..

Ikan Mahseer Indonesia, the Fish of God.

Posted by AWS PhotonosH On 00:10 50 comments

Ikan mahseer. Awalnya saya tidak begitu tertarik dengan ikan jenis ini. Bahkan sempat merasa aneh ketika Ariel, teman mancing saya, begitu memuja-muja ikan ini. Postingannya disalah satu group fly fishing selalu terkait betapa asyiknya mancing ikan ini. Hingga pada suatu saat saya berkesempatan memancing mahseer di Sabah, Malaysia. Ternyata benar, mamancing mahseer memang mempunyai keasyikan tersendiri. Selain tenaga ikan yang kuat melengkungkan joran pancing, serta teknik mancingnya yang susah-susah gampang, spot mahseer juga mempunyai susana dan pemandangan yang indah. Biasanya di daerah pegunungan dengan air jernih yang mengalir diantara bebatuan lepas. Dan ternyata, ikannya sendiri juga sangat menarik, sisiknya besar, tertata rapi dan berkilau.


Spot Mahseer di Sabah.
Penulis Saat Strike Mahseer,. Mantabh.
Sejak saat itu saya mulai tertarik mempelajari teknik mancing ikan mahseer dan mencari referensi terkait ikan ini. Menurut www.fishbase.org panjang maximal ikan ini mampu mencapai 275 cm dan berat terbesar yang dilaporkan mencapai 54 kg. Pantas saja jika ikan ini diberi julukan King of the River.
Ternyata potensi di negara kita tidak kalah dengan negara tetangga yang lebih dulu menjual paket wisata memancing ikan mahseer. Sebut saja Thailand dan Malaysia, negara tersebut sudah berhasil mengkonservasi ikan ini dan menjualnya menjadi paket wisata. Naaah,.. berdasarkan pengalaman itu mari kita gali potensi wisata mancing di wilayah kita, dengan paling tidak kita selamatkan dulu ikan-ikan lokal agar tetap lestari dan jauh dari kepunahan. Baiklah, kita mulai dari mengenal lebih dekat tentang ikan mahseer di Indonesia.
Nama “Mahseer” sendiri cukup menarik untuk ditelisik lebih lanjut. Berikut beberapa data mengenai asal usul nama mahseer dari beberapa bahasa:
  • # Hindustan, dari kata; Maha : besar, hebat, tinggi dan Sir : kepala.
  • # Persia, Mahi Sher dari kata; Mahi : ikan dan Sher : singa.
  • # India, Mahasaula yang artinya sisik yang besar.
  • # Sansekerta, Matsya yang artinya ikan.

Mahseer Indonesia
Nama mahseer sendiri merupakan nama umum yang digunakan untuk menyebut ikan yang tergolong dalam genus Tor, Neolissochilus dan Nazirator. Namun sebagian besar orang cenderung lebih membatasi penggunaan nama mahseer hanya untuk ikan dalam genus Tor saja. Perlu diketahui bahwa dalam genus Tor terdapat lebih dari 20 spesies ikan. Tergolong dalam suku Cyprinidae, mahseer masih berkerabat dekat dengan ikan mas, tawes dan nilem. Menurut salah satu artikel dalam suatu jurnal ilmiah karangan Haryono, Indonesia memiliki 4 spesiesnya Tor yaitu; Tor soro, Tor tambra, Tor tombroides, dan Tor douronensis.


Fly Fishing Mahseer dengan Nymph, Lampung
Ikan genus Tor merupakan ikan air tawar lokal Indonesia yang keberadaannya terancam punah. Berdasarkan Daftar Merah Jenis Terancam Punah yang diterbitkan oleh IUCN tahun 1990 tercantum 29 jenis ikan dari Indonesia, diantaranya semua Genus Tor (Kottelat dkk., 1993). Terbitan IUCN tahun 2012 tercantum 12 jenis dari ikan Genus Tor yang terancam punah, diantaranya Tor Tambraides dan Tor Tambra dari Indonesia (Rahayu dkk).
Ikan Lempon Tangkapan Pemancing Lokal Banjarnegara.

Secara sederhana pembeda diantara spesies-spesies tersebut berdasarkan bentuk sisik, ada tidaknya cuping pada bibir bawah dan ukuran cupingnya. Perlu diperhatikan bahwa banyak terjadi kesalahan dalam penamaan mahseer, karena taxonomy mahseer memang membingungkan. Saat ini orang cenderung mudah memberi nama mahseer berdasarkan warna sisiknya. Padahal, faktanya mahseer mempunyai kemampuan berkamuflase dengan lingkungan sekitarnya sehingga warna sisiknya tidak dapat dijadikan patokan. Perbedaan warna sisik dipengaruhi oleh kondisi fisik dan kimia habitat ikan tersebut, seperti pH, salinitas, kesadahan, kandungan oksigen terlarut, cahaya, temperatur air dll. Sekilas dapat dikenali bahwa mahseer Kalimantan lebih berwarna merah dibandingkan mahseer Sumatera dan mahseer Sumatera lebih merah dibandingkan dengan mahseer Jawa. Jadi jangan heran kalo melihat Tor soro terlihat berwarna keemasan, kemudian buru-buru menamainya Golden Mahseer. Khusus untuk Golden Mahseer sebenarnya nama ini khusus diberikan untuk spesies Tor putitora (Himalayan mahseer) dan sampai saat ini belum ada literatur yang menyebutkan keberadaan spesies ini di Indonesia.


Cuping pada Tor tambroides (atas) dan Tor tambra (bawah) Tanpa Cuping.
Ciri-ciri pembeda spesies mahseer sulit dikenali untuk ukuran ikan dibawah 30cm; terkadang key-pointnya belum muncul. Beberapa ciri pembeda antara spesies ikan mahseer yang berhasil saya kumpulkan dari berbagai sumber diantaranya adalah sebagai berikut:

Tor soro
Tor Tambra
Tor Tombroides
Tor douronensis
Sirip dubur lebih pendek daripada sirip punggung
Cuping berukuran sedang pada bibir bawah, tetapi tidak menyentuh ujung bibir
Terdapat cuping di pertengahan bibir bawah yang mencapai ujung mulut
Cuping berukuran sedang pada bibir bawah tidak mencapai sudut mulut
Bibir bawah tanpa celah tengah
*tidak mempunyai cuping
Bagian jari terakhir sirip punggung yang mengeras lebih pendek daripada kepala tanpa moncong
Tor tambroides sisiknya 2 layer (ada sisik halus di pangkal sisik) dan bentuk sisik cenderung membulat / loinjong (Dinosapto, Kaskus)
Bagian jari terakhir sirip punggung yang mengeras panjang nya sama dengan kepala tanpa moncong
Tor soro sisiknya trapesium / membentuk sudut. (Dinosapto, Kaskus)


Tor douronensis sisiknya seperti Tor tambroides, namun layernya tidak sejelas tambroides. (Dinosapto, Kaskus)
Utomo & Krismono, 2006 dalam USU





















Budidaya Mahseer
Dari data yang saya temukan saat ini terdapat badan usaha yang secara intensive sedang melakukan pembiakan ikan Mahseer. Berlokasi di daerah Cipendok - Purwokerto - Jawa Tengah . Menurut data di website mereka, terdapat tiga spesies Tor yang berhasil mereka budidayakan.

Pertumbuhan ikan dalam kolam budidaya cukup cepat jika merujuk pada tabel yang saya temukan berikut :

Tahap I
Awal = 5cm (Pendederan I)
Akhir = 15cm (Pendederan II)
Jk. Waktu = 4 bulan

Tahap IV
Awal = 35cm / 1kg (Pembesaran I)
Akhir = 50cm / 2kg (Pembesaran II)
Jk. Waktu = 12 bulan
Tahap II
Awal = 15cm (Pendederan II)
Akhir = 25cm (Pendederan III)
Jk. Waktu = 8 bulan

Tahap V ~ dst.
Jk. Waktu = 14 bulan / kg

Tahap III
Awal = 25cm (Pendederan III)
Akhir = 35cm / 1kg (Pembesaran I)
Jk. Waktu = 6 bulan



Dalam buku ” SYNOPSIS OF BIOLOGICAL DATA ON THE TOR MAHSEER, Tor tor (Hamilton, 1822)” umur relatif ikan dapat diketahui melalui jumlah lingkar tumbuh pada sisik ikan. Gambar di bawah ini menunjukkan umur relatif ikan berdasarkan sisiknya. Gambar kiri menunjukkan umur ikan 5 tahun dan gambar sebelah kanan menunjukkan umur 6 tahun.  




Distribusi mahseer di Indonesia
Penyebaran Ikan Mahseer hampir merata di seluruh Indonesia, namun untuk Indonesia bagian timur sampai saat ini belum ada sumber yang mengatakan adanya keberadaan spesies ikan ini.

Nama lokal ikan Mahseer berbeda-beda di tiap daerah. Berikut ini beberapa nama lokal ikan mahseer yang berhasil saya himpun :
1. Ikan Jurung (Sumatera Utara)
2. Ikan Lempon (Tor soro, Kab. Banjarnegara)
3. Ikan Tambra (Tor tombroides, Kab. Banjarnegara)
4. Ikan Mangur (Kab. Sleman)
5. Ikan Soro (Kab. Ciawi)
6. Ikan Semah (Palembang)
7. Ikan Kancera (Tor soro, Kab. Kuningan, Haryono 2008)
8. Ikan Kancra Bodas (Kab. Kuningan, Jawa Barat)
9. Ikan Kerling (Aceh)
10. Ikan Pedih (Gayo, Aceh)
11. Ikan Raja (Batak)
12. Ikan Gariang (Padang)
13. Ikan Sirangh (Lampung Barat)
14. Ikan Dewa (Jawa Barat)
15. Ikan Tombro (Jawa)
16. Ikan Sapan (Kalimantan Tengah)
17. Ihan Batak (Sumatera Utara)
18. Ikan Kelah (Kalimantan)
19. Ikan Werik / Wader werik (Lereng Gunung Wilis)
20. ?

Mohon jika ada pembaca yang mempunyai data lebih upadate tentang ikan ini bisa ditambahkan ke kolom komentar. Semoga dapat menambah khasanah ilmu ikan ini.

Untuk informasi dan pembelian produk fly fishing terlengkap ada di @photonosh:
IG: photonosh
FB: photonosh
Shopee: photonosh


50 comments :

Nice info n Good artikel Mas AWS...
Rare experience n Good Jobs...

#Terkesan_sama_pemancing_lokal_Banjarnegara...
#Hahaha...

Artikelnya bagus mas.. Sampeyan rumahnya dimana to, mas..?

Artikelnya bagus mas.. Sampeyan rumahnya dimana to, mas..?

Ternyata banyak juga species mahseer jadi tambah pengetahuan...nuwun mas

Salah satu spesies tor soro,,masih terdapat di sungai ciliwung..dan kami berusaha untuk sosialisasi untuk belajar mengkonservasi ikan endemik ciliwung..bersama ciliwung river fishing community,ciliwung institute,kementrian lingkungan hidup,serta masyarakat sekitar sungai.

Istimewa artikelnya , Salut & Terima kasih Mas Andy
Salam lestari .

@Hendra Styawan: termikasih atas apresiasinya mas..

@M. Rusdy : Rumah saya di Jogja Utara mas.. terima kasih.

@Johan A : Iya mas.. masih terus menggali informasi tentang ikan ini.

@Iemov Seiya :
Iya mas.
Point 5. Ikan Soro (Kab. Ciawi) yang saya maksud diatas adalah Sungai Ciliwung. Pernah saya berkesempatan tugas ke bendung Katulampa menyusur ke hulu. Kami bertemu penduduk lokal yang mendapatkan ikan soro dengan teknik jaring dan strum. Sungguh usaha yang luar biasa jika ada sinergi antara ciliwung river fishing community, ciliwung institute, kementrian lingkungan hidup, serta masyarakat sekitar sungai. Sayang sekali jika spesies ini akan habis ditangan kita..

@Bisri Zaeni: Terima kasih banyak atas apresiasinya pak.. Semoga tulisan ini bermanfaat.

Keren sekali mas... jadi pengen ikut mancing njenengan...

kerrenn..
mudah2an mahseer di Temanggung tetap Lestari..

Mantappp... semoga suatu saat bisa strike ikan ini...

ini keren. terimakasih. postingan yang bermanfaat.

Saya ijin share mas aws... artikel yg sangat bagus dan membuka wawasan.. (y)

Saya ijin share mas aws... artikel yg sangat bagus dan membuka wawasan.. (y)

Saya ijin share mas aws... artikel yg sangat bagus dan membuka wawasan.. (y)

@ June Zwischen, silahkan mas,. dengan senang hati.. terimakasih apresiasinya..

@ sunu sansaka.. siap pak.. monggo..

artikel yang menginspirasi sekali, sangat menambah pengetahuan. maaf sebelumnya, tapi apakah boleh saya minta dikirimkan literatur terkait artikel ini? saya memerlukannya untuk studi saya, jika diperbolehkan. terimakasih banyak :)

@Ranthy, kontak sy melalui andyro.84@gmail.com

Di Kaltim spot masheer di Kab.Mahakam ulu, bersama warga dayak Lung glaat di wilayah tanah adat yg di jaga..spotnya surga mancing masheer.. Ada masheer merah dgn nama TEBELAK (nama lokal dayak Lung Glaat di mahakam hulu ) , Masheer putih,Gold,Green, dan Blue Masheer,ada 1 lagi ikan yg baru saya temui ikan Bensayon (nama lokal ikan Beliho ini Troutnya Indonesia ) saya dapat kesempatan berharaga bersama Trans7 untuk mancing wild disana selama 2mingguan bulan Januari 2017. jaga habitat hutan mu dri dirimu sendiri yah kawan" thanks berbagi info. (putra_tora@yahoo.com )

Artikelnya menarik dan informatif, nama-nama daerah ikan marga Tor sudah oke banget,namun perlu juga diketahui ada dari marga Neolissochilus yang hampir punah, ini endemik di Toba, kalo Mas Bro bisa dapat species itu kami siap bantu untuk domestikasinya.

....."Naaah,.. berdasarkan pengalaman itu mari kita gali potensi wisata mancing di wilayah kita, dengan paling tidak kita selamatkan dulu ikan-ikan lokal agar tetap lestari dan jauh dari kepunahan"....
Upaya Penyelematan dari kepunahan adalah salah satunya melalui domestikasi/penangkaran. Kami di Balai Penelitian dan Pengembangan Budidaya Air Tawar-BPPBAT (salah satu UPT dari Balitbang KKP)sudah dapat dan memproduksi benih dari ketiga spesies diatas yi: Tor soro, ini sudah di rilis th 2011, kemudian Tor douronensis (semah/ ikan jurung/gariang, sudah terbentuk generasi ke dua dan Tor Tambroides / sapan, sudah ada generasi pertama, teknologi pembenihan dari ketiga spesies insyaalloh sudah dikuasai. benih yang kami hasilkan sudah pernah 4 kali di restoking ke danau Toba, dan 2 kali Ke Waduk Jati Gede serta ke sungai Cisadane Bogor. Dalam waktu dekat kami akan berbagi informasi melalui Coaching clinic tentang budidaya ikan Mahsser ini, silahkan yang antusias/ berminat bisa datang ke Kolam percobaan BPPBAT- Bogor di Cijeruk-Bogor. bisa hubungi kami di No.. 0251-8313200

boleh bersurat melalui email saya: subagja.j@gmail.com

Kali ada yang mau beli anakan ikan masher atau semah putih asli kalimantan silahkan hubungi WA 085822032005

Di Kalimantan utara ikan ini biasa disebut ikan pelian

Sya tertarik ingin gabung brsama ciliwung river fishing community, gmna caranya,?

Pasang taruhan bola online di warungplay saat ini juga, dapatkan bonus deposit hingga 30% banyaknya
Bagi Anda yang suka bermainan Judi Bola Online, Kami menyediakan permainan Mix Parlay yang bisa dimainkan hanya dengan 2 tim saja
terdapat juga permainan lain, seperi Live Casino, Tangkasnet, Slot Machine, Poker Online, Togel Online

Bandar Bola Online
Situs Judi Indonesia
Tempat Taruhan Online
Cara Main Taruhan Bola
Situs Parlay 2 tim
Situs Taruhan Judi
Daftar Bandar Bola Online Terpercaya
Bandar Judi Bola Online
Bonus Deposit member baru
Judi Bola Online
Situs Judi Online
Poker Online

thank infonya sangat membantu,jangan lupa kunjungi website kami http://bit.ly/2PQsuvl

Sudah dirilis KKP

http://kkji.kp3k.kkp.go.id/index.php/dokumen/regulasi-hukum/keputusan-menteri/finish/14-keputusan-menteri/322-kepmen-66-sj-tahun-2010-tentang-program-percepatan-layanan-quick-wins-di-lingkungan-kementerian-kelautan-dan-perikanan

integrasi card Paling mutlak bagi Permainan Sakong bersama kata lain ada sebuah sensasi dan sila istimewa yg ditimbulkan
janjiqq
http://194.27.156.241/ojs/index.php/besyo/comment/view/54/0/11502

kepada sepatutnya sepatutnya umumnya sebanyak pemain di Indonesia amat sangat suka bermain dgn metode online
alternatif janjiqq
http://194.27.156.241/ojs/index.php/besyo/comment/view/54/0/11503

sila paling atas pada Permainan Bandar66 Online dgn memanfaatkan uang ori dengan kata lain ada suatu sensasi
daftar duetqq
http://194.27.156.241/ojs/index.php/besyo/comment/view/54/0/11505

Inilah petunjuk terakhir yg dapat kamu terapkan dgn mendalami atau mengingat tradisi trik main-main musuh kamu
judi online terpercaya
http://194.27.156.241/ojs/index.php/besyo/comment/view/54/0/11506

bandarq online Rahasia mengadili sila sakong online Kartu remi AS memiliki sistem krama card 1 Untuk card 2 sampai 9 mempunyai tata susila yg serupa dgn card itu sendiri kartu 10,K,Q,J mempunyai skor 10 Kombinasi card sakong terendah terdiri awal kombinasi 3 buah card bergambar http://www.vdwnumbers.org/view_profile.php?userid=86481

situs judiqq online walaupun pasti ada sedang yang juga tidak terlalu tahu permainan ini, Pada permainan Sakong, anda dapat mendapati 3 Kartu http://atombroker.ru/forum/user/37054/

bagi anda yang bermain dalam permainan bandarq dipastikan anda bisa mendapatkan kemenangan dengan muda dalam peraminan judi online ini ketika bermain dengan tenang dan santai ketika bermain.

Mau service motor? Cari yang terpercaya? Datanglah ke Bengkel Motor Bekasi Dan kunjungi Web kami http://www.bengkelmotorbekasi.com

Data HK ialah situs yang paling banyak dicari oleh pemain togel hongkong yang digunakan untuk melihat secara langsung hasil result hk terbaru, Rangkuman yang kami rekap berbentuk tabel dengan tujuan mempermudah para pemain togel hongkong dalam mendapatkan informasi result terbaru yang di ambil dari situs resmi hongkongpools.com

Data SGP ialah situs sekumpulan keluaran SGP atau Pengeluaran Singapore yang kami berikan untuk anda dalam bentuk tabel dengan tujuan membantu anda pecinta togel singapore dalam mengetahui angka keluaran sgp hari ini dengan cepat dan akurat. Data Pengeluaran SGP hari ini ialah data yang langsung kami ambil dari singaporepools.com.sg yang dimana situs tersebut ialah situs resminya togel singapore.

Data Sydney ialah situs yang banyak di cari oleh pemain togel sydney yang berguna dalam membantu para pemain tigel sydney untuk melihat keluaran sydney terbaru hari ini dengan cepat dan tepat, data pengeluaran sydney merupakan rangkuman langsung dari situs resminya Sydneypoolstoday.com.

Forum Syair Sydney ialah salah satu situs yang menyediakan syair togel sydney yang paling terpopuler di kalangan masyarakat khususnya indonesia. syair sydney ini merupakan syair bergambar yang sering di kenal sebagai simbol untuk pasaran togel sydney.

you haven't baffled me by way of any enlarge of the innovative energy. 토토경비대

Post a Comment